Minggu, 15 Januari 2017

JUKNIS PORSPEK XIV TAHUN 2017










PETUNJUK TEKHNIS
PEKAN OLAHRAGA, SENI DAN PERKEMAHAN
PORSPEK XIV 2017
PRAMUKA IAIN PALOPO










BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, dengan perkembagan  itu  mengakibatkan munculnya berbagai macam ancaman kepada manusia terkhusus bagi para pemuda. Dimana pemuda merupakan cikal bakal penerus bangsa yang semestinya mulai sekarang di berikan bekal pengetahuan untuk kemajuan bangsa ke arah yang lebih baik di masa yang akan datang.
Gerakan pramuka merupakan pendidikan di lingkungan masyarakat yang memegang peranan penting dalam pembinaan generasi muda. Sebagai gerakan ke panduan,gerakan pramuka mempunyai tugas pokok untuk menumbuhkan tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik,yang sanggup bertanggung jawab, mandiri,berbudi luhur, kesatria, jujur, setia kawan,memiliki jiwa sosial yang tinggi serta taat pada ajaran agama.Di samping itu gerakan pramuka juga menyiapkan generasi muda yang memiliki semangat olahraga dan seni yang tinggi dalam mengisi kemerdekaan ini.
Berangkat dari dasar pemikiran di atas, sebagai salah satu Gugus Depan di tingkat perguruan Tinggi yang masi Aktif, maka Pengurus Dewan Racana Pandega (DRD) 09-001-002 Racana Sawerigading-Simpurusiang Pangkalan IAIN Palopo  mengadakan kegiatan Pekan Olahraga Seni dan Perkemahan atau singkatnya PORSPEK yang di harapkan menjadi wadah silaturahmi,uji kemampuan skill dan kreatifitas individu maupun kelompok yang di miliki pelajar se-Luwu Raya, Tana Toraja, Enrekang dan Wajo. kamipun menyadari bahwa apa yang kami upayakan ini tidak terlepas dari semua kalangan, olehnya itu, kami mengharapkan kepada semua komponen agar ikut andil di dalamnya demi suksesnya kegiatan pelaksanaan kegiatan PORSPEK ini dengan tetap menjunjung tinggi Kode Etik Gerakan Pramuka.

B.       Dasar Penyelenggaraan
Kegiatan PORSPEK ini dilakasanakan dengan dasar :
1.         Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka;
2.         Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) Gerakan Pramuka;
3.         Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 231 Tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Gugus Depan Gerakan Pramuka;
4.         Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 086 Tahun 1987 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan dan Pengembangan Gugus Depan yang berpangkalan di Kampus Perguruan Tinggi;
5.         Tri Dharma perguruan tinggi
6.         Program Kerja Tahunan Gerakan Pramuka IAIN Palopo, Gugus Depan 09.001-002 Racana Sawerigading-Simpurusiang.

C.      Tujuan
Tujuan dari kegiatan PORSPEK ini antara lain :
1.         Menanamkan nilai-nilai kejujuran dan keikhlasan dalam diri peserta dan panitia,
2.         Sebagai wadah silaturahmi antar anggota Gerakan Pramuka,
3.         Sebagai wadah uji mental,skill,kreatifitas dan pengetahuan baik di bidang olahraga, seni dan kepramukaan itu sendiri.

D.      Sasaran
Sasaran dari kegiatan PORSPEK ini antara lain :
1.         Meningkatkan Ketaqwaan kepada Tuhan;
2.         Menambah Pengetahuan, Pengalaman dan Keterampilan dibidanng Olahraga, Seni dan Kepramukaan;
3.         Sebagai strategi agar peserta dapat saling kenal, tukar menukar pendapat, mempertimbangkan gagasan serta pemecahan masalah untuk mendapatkan hasil yang efektif;
4.         Membangun monumental sebagai kenangan indah oleh peserta dalam pelaksanaan PORSPEK ini.


BAB II
PENYELENGGARAAN
A.      Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah “Pekan Olahraga, Seni dan PerkemahanXIV, yang selanjutnya disingkat PORSPEKXIV.

B.       Waktu & Tempat Pelaksanaan
Kegiatan PORSPEK ini akan dilaksanakan pada:
Hari         : Minggu s.d Jumat  
Tanggal   : 05 s.d 10 Februari 2017
Tempat   : Kampus IAIN Palopo
                
C.      Tema Kegiatan
Tema kegiatan ini yaitu Implementasi Nilai-nilai Iptek dan Imtak dalam Bingkai Kompetisi

D.      Motto
“Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”

E.       Rencana Anggaran
Anggaran PORSPEK ini diperoleh secara gotong royong dari :
1.         DIPA IAIN Palopo
2.         Registrasi Peserta
3.         Sponsor-Sponsor
4.         Usaha lain yang tidak bertentangan dengan UU dan AD/ART Gerakan Pramuka





BAB III
ORGANISASI PENYELENGGARA
Organisasi penyelenggara terdiri dari:
A.  Penyelenggara Kegiatan
PORSPEK merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Racana Sawerigading-Simpurusiang Gugus Depan 09.001-002 pangkalan IAIN Palopo.

B.  Reka Kerja
Reka Kerja adalah sebutan bagi panitia pelaksana PORSPEK XIV 2017 yang terdiri dari Warga Pramuka dan MENWA IAIN Palopo yang masih aktif dan layak untuk menjadi panitia. Reka Kerja ini dibentuk khusus untuk mengurus segala keperluan dan kebutuhan kegiatan PORSPEK XIV 2017 dibawah Arahan dan Bimbingan Dewan Inti Pramuka IAIN Palopo, para Majelis Pembimbing Pramuka IAIN Palopo serta Birokrasi IAIN Palopo.


BAB IV
KEGIATAN
A.      Arah Kegiatan
Kegiatan PORSPEK mengarah pada tujuan gerakan pramuka melalui :
1.         Pembinaan mental dan spiritual
2.         Persaudaraan, kerukunan, kepedulian, kreatifitas dan kerjasama
3.         Peningkatan keterampilan
4.         Refresing
5.         Kesamaptaan jasmani

B.       Bentuk Kegiatan
Kegiatan PORSPEK dilaksanakan dalam bentuk :
1.         Giat Umum
a. Perkemahan
b. Kegiatan Keagamaan
c. Pembukaan dan Penutupan PORSPEK XIV
d. Upabuklat dan Upatuplat selama kegiatan
e. Baksos
2.         Giat Utama (Perlombaan)
1)      Lomba Tekpram
a.       Simpul Mata Tertutup
b.      Parade PBB
c.       Pramuka Cerdas
d.      Hiking
e.       Sandi Berantai
f.       Pionering Kreasi
g.      Administrasi Gudep
2)      Lomba Seni
a.       Nyanyi Solo
b.      Ceramah Berantai
c.       Chef of Scout
d.      Film Documenter
3)      Lomba Olahraga
a.       Engrang
b.      Tarik Tambang
c.       Lari Karung


BAB V
PESERTA
A.      Umum
Peserta Pekan Olahraga Seni dan Perkemahan ini terdiri dari:
1.         Warga Pramuka IAIN Palopo
2.         Anggota Gerakan Pramuka Penegak (SMA/SMK, MAN/MAS Sederajat)
3.         Pembina Pendamping Pramuka Penegak

B.       Peserta
1.         Peserta
Peserta PORSPEK ini adalah Anggota Pramuka Penegak dari Kota Palopo, Kab. Luwu, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu Timur, Kab. Toraja, Kab. Toraja Utara, Kab. Enrekang dan Kab. Wajo dengan setiap Ambalan mengirimkan maksimal 30 orang yang terdiri dari 15 Putra dan 15 Putri.
2.         Persyaratan Peserta
a.        Umum
1)        Aktif di Gugus Depan masing-masing;
2)        Mempunyai semangat dan berdisiplin tinggi;
3)        Sehat jasmani dan rohani;
4)        Sanggup menjaga ketertiban dan keamanan perkemahan serta persatuan dan kesatuan antar peserta;
5)        Sanggup mematuhi Tata Tertib PORSPEK XIV 2017;
6)        Mendirikan tenda sesuai dengan kapling yang telah ditentukan
(ukuran kapling putri 5x6 dan putra 5x5).
b.        Administrasi
1)        Membawa surat mandat/tugas dari Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing dengan berstempel Sekolah/Madrasah
2)        Membawa Kartu Tanda Anggota (KTA) Gerakan Pramuka bagi yang memiliki
3)        Menyerahkan Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar (menggunakan Uniforum lengkap dan berlatar kuning)
4)        Mengisi dan mengembalikan Formulir pendaftaran
5)        Membayar Kontribusi sebesar Rp. 15.000,-/orang dengan fasilitas :
Ø  ID Card
Ø  Sertifikat
c.         Perkemahan
1)        Membawa perlengkapan perkemahan (tenda, tali dll). Panitia tidak menyediakan pinjaman atau sewaan tenda serta alat-alat lainnya
2)        Membawa perlengkapan kegiatan lapangan (matras, jas hujan, pakaian tahan dingin) untuk antisipasi hujan
3)        Membawa obat-obatan pribadi yang diperlukan dan perlengkapan P3K
4)        Membawa perlengkapan masak
5)        Membawa perlengkapan pribadi termasuk peralatan ibadah

C.      Pembina Pendamping (Bindap)
1.         Jumlah
Pembina pendamping peserta berjumlah 2 orang (1 Bindap Putra dan 1 Bindap Putri)
2.         Persyaratan Bindap
a.         Pembina Gudep Putra dan Putri
b.        Guru di sekolah tersebut (panitia tidak menerima bindap yang masih berstatus peserta didik)
c.         Membawa dan Menyerahkan Surat Mandat/Tugas dari Kepala Sekolah/Madrasah
d.        Membawa Kartu Tanda Anggota (KTA) Gerakan Pramuka bagi yang memiliki
e.         Menyerahkan pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar (menggunakan Uniforum lengkap dan berlatar biru)
f.         Sanggup mematuhi tata tertib kegiatan
g.        Bertanggungjawab terhadap binaannya
h.        Membayar kontribusi sebesar Rp. 80.000,-/orang dengan fasilitas :
Ø  ID Card
Ø  Sertifikat
Ø  Kaos Kegiatan
i.          Membawa perlengkapan pribadi termasuk peralatan ibadah
j.          Membawa peralatan lainnya yang diperlukan


BAB VI
TATA TERTIB
A.       Tata Tertib Perkemahan
1.             Warga perkemahan selain panitia adalah Peserta dan Bina Dampingyang telah terdaftar atau yang telah melakukan registrasi,
2.             Wajib Satuan Terpisah,
3.             Selain warga perkemahan tidak diizinkan untuk bermalam/menginap atau tinggal di lokasi,
4.             Peserta diharuskanmengambil kartu izin bila meninggalkan lokasi perkemahan,
5.             Setiap Warga perkemahan diharuskan selalu menggunakanID Card terkecuali pada saat istirahat/tidur,
6.             Setiap Tamu peserta, diharuskan mengambil kartu izin tamu terlebih dahulu,
7.             Batas kunjungan tamu Pukul 22.00 Wita,
8.             Reka Kerja tidak menanggung barang pribadi peserta dan tidak menerima titipan barang,
9.             Reka Kerja tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang dari peserta,
10.         Peserta diharapkan melapor ke reka kerja(tenda infokom), bila menemukan barang dan semacamnya,
11.         Dilarang keras melakukan sesuatu yang melanggar norma-norma yang berlaku, terutama tindakan amoral dan asusila,
12.         Setiap peserta diharapkan selalu menjaga kebersihan,keindahan, kenyamanan dan kerukunan sesama warga perkemahan,
13.         Bina Damping bertanggung jawab terhadap binaannya dan kekacauan(yang terjadi) atas nama sekolahnya(bila terjadi)
14.         Setiap Warga perkemahan mengikuti shalat berjamaah di lokasi perkemahan,
15.         Setiap Warga perkemahan diharapkan sopan dalam berpakaian.
16.         Bina Damping diharuskan menggunakan Uniforum/pakaian kegiatan pada saat mendampingi anggotanya berlomba.

B.       Tata Tertib Lomba
1.        Setiap peserta diharuskan registrasi ulang untuk setiap mata lomba,
2.        Registrasi ulang untuk mata lomba setiap harinya diadakan setiap hari dari pukul 17.15 di Tenda Infokom dengan mendaftarkan seluruh lomba pada hari itu dan bagi peserta yang melewati batas registrasi ulang lomba, dianggap tidak bersedia mengikuti lomba.
3.        Hadir 10 menit sebelum waktu lomba yang telah ditentukan dalam jadwal,
4.        Waktu komplain lomba yang dianggap bermasalah 10 menit setelah hasil lomba di umumkan, dan apabila melewati batas komplain maka dianggap tidak ada masalah,
5.        Komplain hanya berlaku untuk pembina yang terdaftar,
6.        Setiap peserta perlombaan dan pendampingnya harus menggunakan ID Card.

C.       SANKSI
Bagi peserta dan Bina Damping yang melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksib berupa
1.        Teguran langsung baik tertulis maupun tidak tertulis.
2.        Warga perkemahan yang mendapatkan teguran sebanyak 3 kali tidak berhak untuk mendapat sertifikat.
3.        Apabila pelanggaran yang dilakukan dianggap di luar batas, maka warga perkemahan akan di diskualifikasi.


BAB VII
PENDAFTARAN
Pendaftaran dimulai ketika surat undangan telah diterima dengan tahapan sebagai berikut:
A.  Tahap Pertama
Sehubungan dengan pengadaan perlengkapan peserta dan terbatasnya jumlah kapling (lokasi), maka diharapkan setiap peserta memberikan konfirmasi keikutsertaan secepatnya pada kontak :
Ø Suhadi                         (081280653531/Ketua Reka Kerja)
Ø V i v i                          (082347680467/Sekretaris)
Ø Sugiarti                                    (085394546543/Koord. Lomba)
Ø Mursaha                      ( 082393472257/ Ketua Dewan Putra )
Ø Nurhija                        ( 082293671214/ Ketua Dewan Putri )

B.  Tahap Kedua
Tahap ini adalah tahap registrasi peserta ketika berada dilokasi perkemahan PORSPEK XIV, Jl. Bakau
(Lorong SMA 4) Kelurahan Balandai Kota Palopo dengan mekanisme :
1.   Pendaftaran dilakukan oleh Bindap atau Ketua Reka masing-masing di tenda Infokom Panitia
2.   Menyerahkan administrasi yang terdapat pada syarat-syarat diatas yang disusun dalam bentuk jilid dengan susunan:
a.       Lembar pertama sampul (desain terserah masing-masing peserta)
b.      Surat tugas/mandat Pembina
c.       Surat Tugas/Mandat peserta
d.      Formulir pendaftaran (disertai foto uniforum lengkap)
Catatan:
Ø  Panitia menerima registrasi peserta ketika semua persyaratan diatas dan poin 3 dibawah terpenuhi
Ø  Berkas dikumpulkan di tenda infokom
3.    Membayar kontribusi Peserta dan Pembina
4.    Setelah 3 poin diatas selesai, maka peserta akan diberikan :
Ø  Kampling tenda sesuai nomor urut pendaftaran, dan
Ø  Kelengkapan peserta.


BAB VIII
SARANA PRASARANA
Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan PORSPEK, maka panitia mengupayakan menyediakan sarana dan prasarana sebagai berikut :
A.      Tempat dan Ruangan
1.         Area Perkemahan yang menampung kurang lebih 56 Tenda
2.         Sekretariat Racana IAIN Palopo dan Pusat Informasi kegiatan
3.         Lokasi perkemahan dan area kampus menjadi tempat kegiatan lomba, seperti :
Ø  Lapangan Upacara
Ø  Aula Umum Kampus
Ø  Lapangan Tennis Indor
4.         MCK dan Kamar Mandi Posko Kesehatan
5.         Minimarket yang tidak terlalu jauh dari lokasi perkemahan (bisa ditempuh dengan jalan kaki)

B.       Fasilitas Pelayanan
1.         Listrik dan Penerangan (panitia hanya menyediakan aliran listrik sampai kedepan tenda, jadi diharapkan setiap kontingen membawa terminal dengan kabel yang cukup panjang)
2.         MCK dan Air Bersih
3.         Keamanan dan ketertiban


C.      Hadiah
PORSPEK adalah kegiatan Lomba dengan hadiah berupa:
1.         Piala Bergilir (yang diperebutkan)
2.         Piala Umum Putra (1, 2 dan 3) dan Piala Umum Putri (1,2 dan 3)
3.         Piala masing-masing Lomba (1, 2 dan 3)


BAB IX
PERHITUNGAN JUARA UMUM
Mekanisme penetapan juara umum (umum 1,2 dan 3) yaitu dengan penghitungan jumlah poin dengan ketentuan sebagai berikut :
1.      juara 1 pada tiap item lomba mendapat 5 poin
2.      juara 2 pada tiap item lomba mendapat 3 poin
3.      juara 3 pada tiap item lomba mendapat 1 poin
4.      Untuk piala bergilir, hitungan gabungan perolehan poin putra dan putri.


BAB X
PENUTUP
Petunjuk pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga, Seni dan Perkemahan XIV atau singkatnya PORSPEK XIV ini disusun sebagai pedoman dan acuan dalam menentukan kebijakan-kebijakan selanjutnya. Kiranya menjadi tanggungjawab kita bersama untuk mensukseskan kegiatan ini, olehnya itu bantuan dan dukungan dari semua pihak terutama dari Bapak/Ibu Kepala Sekolah/Madrasah untuk mengutus anggotanya mengikuti kegiatan tersebut.
Semoga Tuhan senantiasa memberkati dan meridhoi amal usaha serta langkah-langkah Kita. AMIN.


Palopo, 10 Januari 2017
Reka Kerja PORSPEK XIV
Ketua


                                                                                                                                 Su h a d i
NTA. 0900115010














PETUNJUK LOMBA
PEKAN OLAHRAGA, SENI DAN PERKEMAHAN
PORSPEK XIV 2017
PRAMUKA IAIN PALOPO










Berikut kami lampirkan petunjuk pelaksanaan lomba dalam kegiatan PORSPEK XIV sebagai bahan acuan untuk kakak-kakak dalam mengatur dan mempersiapkan adik-adik yang akan mengikuti kegiatan dengan catatan setiap lomba terpisah antara putra dan putri terkecuali untuk Takraw dan Vokal Group Kreasi.

A.   TEHNIK KEPRAMUKAAN
1.         Pembuatan Simpul dengan Mata Tertutup
Kategori       : Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta          : 1 Orang Putra dan Putri
Pakaian         : Uniforum Lengkap
Waktu          :Ditentukan Dewan Juri
Teknis Lomba         
1)      Perlombaan dilaksanakan serentak putra dan putri.
2)      Jika waktu yang ditentukan telah selesai, maka simpul diletakkan di lantai dan tangan diangkat.
3)      Setiap peserta dinyatakan gugur apabila melakukan sebanyak 2x kesalahan.
Catatan : Penilaian Hak Dewan Juri

2.      Parade PBB
Kategori       : Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta          : 8 Orang ( 1 orang pemberi aba-aba dan 7 orang lainnya pelaksana)
Pakaian         : Uniforum Lengkap
Waktu          : 5-7 Menit (Dihitung setelah selesai melapor)
TeknisLomba
1)      Perlombaan dilakukan secara bergantian sesuai dengan nomor urut peserta.
2)      Pimpinan sanggah tidak masuk dalam barisan
3)      Peserta dapat menggunakan aksesoris tambahan.
4)      Tidak diperbolehkan menggunakan musik.
5)      Menggunakan aba-aba sumpritan
Catatan : Penilaian Hak Dewan Juri

3.      Pramuka Cerdas
Kategori       : Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta          : 3 Orang
Pakaian         : Uniforum Lengkap
Waktu          : Ditentukan Dewan Juri
Teknis Lomba
1)      Peserta akan diberi pertanyaan oleh dewan juri.
2)      Jika jawaban salah, maka peserta dinyatakan gugur.
3)      Setelah selesai menjawab, peserta wajib mengangkat kertas jawaban.
Catatan : Penilaian Hak Dewan Juri



4.      Hiking
Kategori       : Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta          : 8 Orang (Tanpa Pengikut)
Pakaian         : Uniforum Lengkap
Teknis Lomba
1)      Peserta akan dilepas satu persatu untuk melewati jalur yang telah diberi tanda (Tali Rapiah, Cat Arah Panah dan Tanda Larangan Lewat).
2)      Tidak diperbolehkan membawa Hp dan alat komunikasi sejenisnya.
3)      Boleh membawa Kamera
4)      Pada saat pelaporan akhir peserta harus utuh
5)      Dalam perjalanan terdapat beberapa pos dimana masing-masing pos memiliki kategori lomba yang berbeda-beda.
Adapun kategori lomba-lombanya sebagai berikut :
a.      Tali Temali
a)      Jumlah simpul/ikatan yang diperlombakan sebanyak 5 simpul.
b)      Dikerjakan oleh 8 peserta.
c)      Segala kelengkapan lomba disediakan masing-masing peserta.
d)     Batas waktu 5 menit.
e)      Penilaian hak kordinator pos.
b.      Semaphore
a)      1 orang mengirim, yang lain membaca atau menerjemahkan pada lembar jawaban
b)      Peserta pengirim terlebih dahulu memilih soal dari beberapa soal yang telah disediakan penjaga pos.
c)      Segala kelengkapan lomba disediakan masing-masing peserta.
d)     Batas waktu 5 menit.
e)      Penilaian hak kordinator pos.
c.       Menjawab Soal
a)      Materi soal kepramukaan.
b)      Soal dikerjakan bersama-sama.
c)      Jumlah soal sebanyak 10 butir dalam bentuk essay.
d)     Batas waktu 5 menit.
e)      Penilaian hak kordinator pos.
d.      Tandu
a)      Tandu yang diperlombakan adalah tandu standar (menggunakan 4 ikatan pangkal).
b)      Tandu dikerjakan oleh 1 orang dengan bantuan 2 orang sebagai pemegang tongkat.
c)      Segala kelengkapan lomba disiapkan masing-masing peserta.
f)       Batas waktu 5 menit.
g)      Penilaian hak kordinator pos.
e.       Baris Berbaris
a.       Aba-aba yang digunakan menggunakan semboyan sumpritan.
b.      Batas waktu 5 menit.
c.       Penilaian hak kordinator pos.


5.      Sandi Berantai
Kategori       : Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta          : 5 Orang
Pakaian         : Uniforum Lengkap
Teknis Lomba
1)      Urutan peserta diatur masing-masing.
2)      Perlombaan dilaksanakan secara bersamaan.
3)      Semua jawaban dari peserta tetap dinilai.
4)      Sandi yang diperlombakan disampaikan sehari sebelum lomba dilaksanakan.
5)      Waktu mengerjakan selama 30 menit.
6)      Kecepatan menjawab bukan penilaian utama tetapi digunakan bila ada yang memiliki nilai yang sama.
Catatan        :Jumlah huruf dalam tiap soal sama
                                                   
6.      Pionering Kreasi
Kategori       : Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta          : 4 Orang
Pakaian         : Uniforum Lengkap
Bahan           : Tongkat dan Tali Badai
Teknis Lomba         
1)      Bahan disiapkan oleh masing-masing peserta.
2)      Jumlah tongkat dan tali serta ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
3)      Peserta membuat pionering sesuai dengan kreatifitas masing-masing.
4)      Waktu pengerjaannya selama 90 menit.
5)      Peserta tidak diperbolehkan memotong tali saat perlombaan.
Catatan : Penilaian Hak Dewan Juri

7.      Administrasi Gugus Depan
Kategori       : Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta          : 1 Orang
Pakaian         : Uniforum Lengkap
Teknis Lomba
1)      Peserta mengumpulkan administrasi gugus depan di pusat informasi saat registrasi.
2)      Perlengkapan administrasi yaitu segala kelengkapan administrasi di gugus depan masing-masing.
3)      Dewan juri akan memilih 5 gugus depan terbaik untuk mempresentasikan hasilnya menggunakan Microsoft Power Point dengan durasi 7-10 menit.
Catatan: Administrasi gugus depan akan digandakan oleh panitia sebanyak 3 rangkap sesuai jumlah dewan juri




B.   BIDANG SENI
1.         Nyanyi Solo
Kategori       : Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta          : 1 Orang
Pakaian         : Uniforum Lengkap
       Teknis Lomba          
1)      Peserta tampil membawakan sebuah lagu yang diiringi keyboard yang telah disiapkan oleh panitia.
2)      Perserta memilih satu lagu di babak penyisihan.
3)      Peserta mengambil nomor urut dan mengambil nada setelah registrasi.
4)      Peserta tampil berdasarkan nomor urut.
5)      Dewan juri akan memilih 5 peserta putra dan 5 peserta putri untuk masuk ke babak final.
6)      Di babak final, peserta membawakan lagu yang berbeda dari babak penyisihan.
7)      Adapun daftar lagunya sebagai berikut :
a.    Putra  :
Ø Kita Yang Beda (Firza)
Ø Dirimu Satu (Ungu)
Ø Kesempurnaan Cinta (Riski Febian)
Ø Kesalahan Yang Sama (Samy Simorangkir)
Ø Aku Pasti Kembali (Pasto)
Ø Sunset di Tanah Anarki (Superman is Dead)
Ø Menemukanmu (Seventeen)
Ø Kau Seputih Melati (Sammy Simorangkir)
Ø Cinta Dua Hati (Afgan)
Ø Bukan Dia Tapi Aku (Judika)
b.    Putri  :
Ø Aku Cuma Punya Hati (Mita)
Ø Hijrah Cinta (Rosa)
Ø Mendua (Astrid)
Ø Cobalah Mengerti (Geisha)
Ø Berawal Dari Tatap (Yura Yunita)
Ø Sunset di Tanah Anarki (Superman is Dead)
Ø Matahariku (Agnes Monica)
Ø Atas Nama Cinta (Rosa)
Ø Pergilah Kau (Sherina)
Ø Cinta (Vina Panduwinata)
Catatan : Penilaian Hak Dewan Juri







2.         Ceramah Berantai
Kategori       : Gugus Depan ( Putra dan Putri )
Peserta          : 3 orang
Pakaian         : Uniforum Lengkap
Teknis Lomba
1)        Peserta tampil secara berantai membawakan salah satu tema yang dipilih. Adapun temanya sebagai berikut :
Ø Membangkitkan Ekonomi Islam
Ø Membumikan Pendidikan Islam
Ø Generasi Muda Islami
Ø Islam dan Globalisasi
Ø Islam dan Pembinaan Karakter
2)      Peserta mengambil nomor urut yang telah disiapkan panitia.
3)      Peserta menyampaikan dakwahnya selama 7-10 menit dengan aturan ketukan :
a. Ketukan pertama, menandakan peserta mulai menyampaikan dakwahnya.
b.Ketukan kedua menandakan waktu tersisa 1 menit.
c. Ketukan ketiga menandakan waktu habis.
Catatan : Penilaian Hak Dewan Juri

 
3.     Chef of Scout
Kategori       : Gugus Depan Putri
Peserta          : 3 Orang
Pakaian         : Uniforum Lengkap
Bahan           : Kentang dan olahan kedelai (Pilih salah satu)
Teknis Lomba         
1)      Durasi waktu perlombaan 90 menit.
2)      Masakan di buat dengan bahan utama diatas yang telah di tentukan oleh panitia.
3)      Perlengkapan/alat ditentukan dan disediakan peserta sesuai kebutuhan masing-masing
4)      Perlombaan dilaksanakan secara serentak.
Catatan : Penilaian Hak Dewan Juri

4.         Film Documenter
Kategori       : Gugus Depan ( Putra dan Putri )
Peserta          : Tidak dibatasi
Teknis Lomba         
1)      Peserta mengambil gambar/ video di Lokasi Perkemahan PORSPEK
2)      Tema Film yaitu Seputar kegiatan PORSPEK XIV
3)      Durasi film dokumenter 10-15 menit.
4)      Film dokumenter mengandung ajakan/himbauan untuk mengikuti kegiatan PORSPEK.
5)      Unsur-unsur yang harus ada dalam film dokumenter yaitu Upacara Pembukaan PORSPEK XIV, Kegiatan Lomba, Aktivitas kegiatan Perkemahan, dan Selebihnya sesuai kreativitas peserta.
6)      Film dokumenter dikumpulkan paling lambat hari Rabu, 08 Januari 2017 Pukul 17.00
7)      Peserta dibolehkan berkreativitas termasuk mengedit Video dan lain sebagainya.
8)      Film dokumenter tidak diperbolehkan menyinggung unsur SARA, dan pihak mana pun.
Catatan : Penilaian Hak Dewan Juri

5.      Karnaval
Kategori        : Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta          : 10-15 Orang
Tema             : Budaya Nusantara
Pakaian         : Sesuai Budaya Nusantara yang diangkat
Teknis Lomba          
1)        Peserta akan dilepas sesuai dengan nomor undian masing-masing.
2)        Peserta akan dinilai oleh dewan juri di tempat-tempat tertentu.
3)        Peserta menggunakan pakaian yang sopan dan tidak bertentangan dengan ajaran islam
4)        Peserta boleh menggunakan kostum sesuai kreativitas masing-masing

C.   BIDANG OLAHRAGA
1.    Engrang
Kategori        : Gugus Depan Putra
Peserta          : 1 Orang
Pakaian         : Olahraga
Teknis Lomba
1)       Peserta membawa alat masing-masing.
2)       Engrang dibuat dari bambu.
3)       Panjang Bambu 2 meter, panjang pijakan kaki 50 cm dari ujung permukaan tongkat.
4)       Posisi start peserta tepat dibelakang garis dimana kaki belum naik diatas engrang.
5)       Peserta tidak diperbolehkan keluar dari lintasan.
6)       Peserta yang jatuh dinyatakan gugur.
7)       Sistem yang digunakan adalah sistem sprint.

2.     Tarik Tambang
        Kategori       : Gugus Depan (Putra & Putri)
        Peserta          : 5 Orang
        Pakaian         : Olahraga
        Teknis Lomba         
1)      Permainan terdiri dari 2 babak (dilakukan secara tukar tempat).
2)      Jika poin sama, maka akan diadakan 1 babak tambahan.
3)      Dilarang memakai pelapis tangan dan sejenisnya.
4)      Tidak diperbolehkan melakukan pergantian pemain.

3.      Lari Karung
Kategori       : Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta          : 3 Orang
Pakaian         : Olahraga

Teknis Lomba
1)      Peserta tidak boleh keluar dari lintasan.
2)      Tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki.
3)      Peserta masih dapat melanjutkan lomba jika jatuh.
4)      Peserta yang berbuat curang akan di diskualifikasi.
5)      Sistem lomba lari karung adalah estafet.


Catatan :
v  Apabila JUKNIS lomba kurang jelas silahkan dipertanyakan di technical meeting pada :
Hari/Tanggal   : Senin, 30 Januari 2017
Pukul               : 14.00 Wita
Tempat            : Aula Serbaguna Kampus Hijau IAIN Palopo Jl.Agatis Balandai
v  Bagi sekolah/pangkalan yang tidak mengikuti Technical Meeting dianggap menyetujui hasil technical meeting yang diputuskan tersebut.



Palopo, 10 Januari 2017
Reka Kerja PORSPEK XIV
Ketua


                                                                                                                                 Su h a d i
NTA. 0900115010





Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Di Posting Oleh : Jumadir | FB : PRAMUKA IAIN PALOPO | CP : 085 146 247 290

Artikel JUKNIS PORSPEK XIV TAHUN 2017 ini diposting oleh Jumadir pada hari Minggu, 15 Januari 2017. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel JUKNIS PORSPEK XIV TAHUN 2017 ini bermanfaat.

Terima Kasih!

0 komentar:

Posting Komentar