BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju,
dengan perkembagan itu mengakibatkan Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju,
dengan perkembagan itu mengakibatkan munculnya berbagai macam
ancaman kepada manusia terkhusus bagi para pemuda. Dimana pemuda merupakan
cikal bakal penerus bangsa yang semestinya mulai sekarang di berikan bekal
pengetahuan untuk kemajuan bangsa ke arah yang lebih baik di masa yang akan
datang.
Gerakan pramuka merupakan pendidikan di lingkungan
masyarakat yang memegang peranan penting dalam pembinaan generasi muda. Sebagai
gerakan ke panduan,gerakan pramuka mempunyai tugas pokok untuk menumbuhkan
tunas-tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, yang sanggup
bertanggung jawab, mandiri, berbudi luhur, kesatria, jujur, setia kawan, memiliki
jiwa sosial yang tinggi serta taat pada ajaran agama. Di samping itu gerakan
pramuka juga menyiapkan generasi muda yang memiliki semangat olahraga dan seni
yang tinggi dalam mengisi kemerdekaan ini.
Berangkat dari dasar pemikiran di atas, sebagai salah
satu Gugus Depan di tingkat perguruan Tinggi yang masih Aktif, maka kami dari
Gerakan Pramuka Gugus Depan 09.001-002 Racana Sawerigading-Simpurusiang
Pangkalan IAIN Palopo mengadakan
kegiatan Pekan Olahraga Seni dan Perkemahan XIII atau singkatnya PORSPEK
XIII yang di harapkan menjadi wadah silaturahmi, uji kemampuan skill dan
kreatifitas individu maupun kelompok yang di miliki pelajar se-Luwu Raya, Tana
Toraja, Enrekang dan Wajo. Kamipun menyadari bahwa apa yang kami upayakan ini
tidak terlepas dari semua kalangan, olehnya itu, kami mengharapkan kepada semua
komponen agar ikut andil di dalamnya demi suksesnya kegiatan pelaksanaan
kegiatan PORSPEK ini dengan tetap menjunjung tinggi Kode Etik Gerakan
Pramuka.
B.
Dasar
Penyelenggaraan
Kegiatan PORSPEK ini dilakasanakan dengan dasar :
1.
Undang-Undang
Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka;
2.
Anggaran
Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) Gerakan Pramuka;
3.
Keputusan
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 231 Tahun 2007 tentang Petunjuk
Penyelenggaraan Gugus Depan Gerakan Pramuka;
4.
Keputusan
Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 086 Tahun 1987 tentang Petunjuk Pelaksanaan
Pembinaan dan Pengembangan Gugus
Depan yang berpangkalan di Kampus Perguruan Tinggi;
5.
Tri
Dharma perguruan tinggi
6.
Program
Kerja Tahunan Gerakan Pramuka IAIN Palopo,
Gugus Depan 09.001-002 Racana Sawerigading-Simpurusiang.
C.
Tujuan
Tujuan dari kegiatan PORSPEK ini antara lain :
1.
Menanamkan nilai-nilai
kejujuran dan keikhlasan dalam diri peserta dan panitia,
2.
Sebagai wadah silaturahmi antar anggota Gerakan Pramuka,
3.
Sebagai wadah uji mental, skill, kreatifitas dan pengetahuan baik di
bidang olahraga, seni dan kepramukaan itu sendiri.
4.
Sebagai wadah silahturahmi
antar anggota Pramuka sehingga tercapainya kesatuan.
5.
Sebagai wadah untuk berkarya dan mengukir prestasi guna
mengembangkan potensi diri.
D.
Sasaran
Sasaran dari kegiatan PORSPEK ini antara
lain :
1.
Meningkatkan Ketaqwaan kepada Tuhan;
2.
Menambah Pengetahuan, Pengalaman dan Keterampilan dibidang Olahraga, Seni
dan Kepramukaan;
3.
Sebagai strategi agar peserta dapat saling kenal, tukar menukar pendapat,
mempertimbangkan gagasan serta pemecahan masalah untuk mendapatkan hasil yang
efektif;
4.
Membangun monumental sebagai kenangan indah oleh peserta dalam
pelaksanaan PORSPEK ini.
BAB
II
PENYELENGGARAAN
A.
Nama Kegiatan
Nama kegiatan ini adalah “Pekan
Olahraga, Seni dan Perkemahan XIII”, yang selanjutnya disingkat PORSPEK
XIII.
B.
Waktu & Tempat Pelaksanaan
Kegiatan PORSPEK ini akan dilaksanakan
pada:
Hari ` : Selasa s.d Sabtu
Tanggal : 09 s.d 13 Februari 2016
Tempat : Kampus
IAIN Palopo
C.
Tema
Kegiatan
Tema kegiatan ini yaitu “Bersatu dalam Berkarya Mewujudkan Prestasi
Melalui Karakter Gerakan Pramuka .”
D.
Motto
Motto kegiatan ini yaitu “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan”
E.
Rencana
Anggaran
Anggaran PORSPEK ini diperoleh secara gotong royong dari :
1.
DIPA
IAIN Palopo
2.
Registrasi
Peserta
3.
Sponsor-Sponsor
4.
Usaha
lain yang tidak bertentangan dengan UU dan AD/ART Gerakan Pramuka
BAB III
ORGANISASI
PENYELENGGARA
Organisasi
penyelenggara terdiri dari:
A.
Penyelenggara Kegiatan
PORSPEK
merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Racana
Sawerigading-Simpurusiang Gugus Depan 09.001-002 pangkalan IAIN Palopo.
B. Panitia Pelaksana
Panitia Pelaksana PORSPEK XIII 2016 adalah Warga Pramuka IAIN Palopo yang
masih aktif dan layak untuk menjadi panitia. Panitia Pelaksana ini dibentuk
khusus untuk mengurus segala keperluan dan kebutuhan kegiatan PORSPEK XIII 2016
dibawah Arahan dan Bimbingan Dewan Inti Pramuka IAIN Palopo, para Majelis
Pembimbing Pramuka IAIN Palopo serta Birokrasi IAIN Palopo.
BAB IV
KEGIATAN
A.
Arah
Kegiatan
Kegiatan PORSPEK mengarah pada tujuan gerakan pramuka melalui :
1.
Pembinaan
mental dan spiritual
2.
Persaudaraan,
kerukunan, kepedulian, kreatifitas dan kerjasama
3.
Peningkatan
keterampilan
4.
Refresing
dan jalan-jalan
5.
Kesamaptaan
jasmani
B.
Bentuk
Kegiatan
Kegiatan PORSPEK dilaksanakan dalam bentuk :
1.
Perkemahan
Setiap peserta diwajibkan tinggal ditenda masing-masing termasuk
Bina damping dengan satuan
terpisah sesuai kapling yang telah ditetapkan oleh panitia pelaksana
2.
Perlombaan
Pelaksanaan inti kegiatan PORSPEK adalah Lomba yang khusus untuk
peserta, diantaranya:
a.
Lomba
dalam Bidang Kepramukaan :
1)
LCTP (Gudep Putra & Putri)
2)
Sandi berantai (Gudep Putra & Putri)
3)
Hiking (Gudep
Putra & Putri)
4)
Menara kaki empat (Gudep Putra &
Putri)
5)
PBB semboyan sumpritan (Gudep Putra & Putri)
6)
Pembuatan simpul dengan mata tertutup (Gudep Putra & Putri)
b.
Lomba
dalam Bidang Seni :
1)
Nyanyi Solo (Gudep Putra & Putri)
2)
Pidato Bahasa Inggris (Gudep Putra & Putri)
3)
Tilawatil Qur’an (Gudep Putra & Putri)
4)
Masakan non beras (Gudep Putri)
5)
Karya Tulis Ilmiah (Gudep Putra & Putri)
c.
Lomba
dalam Bidang Olahraga :
1)
Tenis Meja (Gudep Putri & Putra )
2)
Sepak Takraw (Gudep Putra)
BAB V
PESERTA
A.
Umum
Peserta Pekan Olahraga Seni dan Perkemahan ini terdiri dari:
1.
Warga
Pramuka IAIN Palopo
2.
Anggota
Gerakan Pramuka Penegak (SMA/SMK Sederajat)
3.
Pembina
Pendamping Pramuka Penegak
B.
Peserta
1.
Peserta
Peserta PORSPEK ini adalah Anggota Pramuka Penegak dari Kota
Palopo, Kab. Luwu, Kab. Luwu Utara, Kab. Luwu Timur, Kab. Toraja, Kab. Toraja
Utara, Kab. Enrekang dan Kab. Wajo dengan setiap Ambalan mengirimkan maksimal
30 orang yang terdiri dari 15 Putra dan 15 Putri.
2.
Persyaratan
Peserta
a.
Umum
1)
Aktif
di Gugus Depan masing-masing;
2)
Mempunyai
semangat dan berdisiplin tinggi;
3)
Sehat
jasmani dan rohani;
4)
Sanggup
menjaga ketertiban dan keamanan perkemahan serta persatuan dan kesatuan antar
peserta;
5)
Mematuhi
Tata Tertib PORSPEK XIII
2016;
6)
Mendirikan tenda sesuai dengan kapling yang telah
ditentukan
(ukuran kapling putri 5x6 dan putra 5x5)
b.
Administrasi
1)
Membawa
surat mandat/tugas dari Kepala Sekolah/Madrasah masing-masing dengan berstempel
Sekolah/Madrasah
2)
Membawa
Kartu Tanda Anggota (KTA) Gerakan Pramuka bagi yang memiliki
3)
Menyerahkan
Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar (menggunakan Uniforum lengkap dan
berlatar kuning)
4)
Mengisi
dan mengembalikan Formulir pendaftaran
5)
Membayar
Kontribusi sebesar Rp. 15.000,-/orang
dengan fasilitas :
Ø ID Card
Ø Sertifikat
Ø Pelayanan
c.
Perkemahan
1)
Membawa
perlengkapan perkemahan (tenda, tali dll). Panitia tidak menyediakan pinjaman
atau sewaan tenda serta alat-alat lainnya
2)
Membawa
perlengkapan kegiatan lapangan (matras, jas hujan, pakaian tahan dingin) untuk
antisipasi hujan
3)
Membawa
obat-obatan pribadi yang diperlukan dan perlengkapan P3K
4)
Membawa
perlengkapan masak
5)
Membawa
perlengkapan pribadi termasuk peralatan ibadah
C.
Pembina
Pendamping (Bindap)
1.
Jumlah
Pembina pendamping peserta berjumlah 2 orang (1 Bindap Putra dan 1
Bindap Putri) dan tidak di terima lebih dari yang telah ditentukan.
2.
Persyaratan
Bindap
a.
Pembina
Gudep Putra dan Putri
b.
Guru
di sekolah tersebut (panitia tidak menerima bindap yang masih berstatus
peserta didik)
c.
Tidak pernah membuat keributan/masalah pada kegiatan-kegiatan
Pramuka IAIN Palopo.
d.
Membawa
dan Menyerahkan Surat Mandat/Tugas dari Kepala Sekolah/Madrasah
e.
Membawa
Kartu Tanda Anggota (KTA) Gerakan Pramuka bagi yang memiliki
f.
Menyerahkan
pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar (menggunakan Uniforum lengkap dan berlatar biru)
g.
Mematuhi
tata tertib kegiatan
h.
Bertanggungjawab
terhadap binaannya
i.
Membayar
kontribusi sebesar Rp. 80.000,-/orang dengan fasilitas :
Ø ID Card
Ø Sertifikat
Ø Pelayanan
Ø Kaos Kegiatan
j.
Membawa
perlengkapan pribadi termasuk peralatan ibadah
k.
Membawa
peralatan lainnya yang diperlukan
BAB VI
PENDAFTARAN
Pendaftaran dimulai ketika surat undangan telah diterima dengan tahapan
sebagai berikut:
A. Tahap Pertama
Sehubungan dengan
pengadaan perlengkapan peserta dan terbatasnya jumlah kapling (lokasi), maka
diharapkan setiap peserta memberikan konfirmasi keikutsertaan secepatnya pada
kontak :
Ø Isradil Mustamin (085298853384/Ketua
Dewan Putra)
Ø Megawati (085397494641/Ketua
Dewan Putri)
Ø Lukman Askur (085394868412/Ketua
Reka Kerja)
Ø Tiara Nurainun (081268578880/Sekretaris)
Ø Reski Nafamalbia (081241266567/Koord.
Lomba)
Ø Muhammad Syurahban (085145803003/Koord. Humas)
B. Tahap Kedua
Tahap ini adalah
tahap registrasi peserta ketika berada dilokasi
perkemahan PORSPEK XIII,
Jl. Bitti Kelurahan Balandai Kota Palopo dengan mekanisme :
1. Pendaftaran dilakukan
oleh Bindap atau Ketua Sangga
masing-masing di tenda Infokom Panitia
2. Menyerahkan
administrasi yang terdapat pada syarat-syarat diatas dengan
susunan:
a.
Lembar
pertama sampul (desain terserah masing-masing peserta)
b.
Surat
tugas/mandat Pembina dan Pembantu Pembina
c.
Surat
Tugas/Mandat peserta
d.
Formulir
pendaftaran (disertai foto uniforum lengkap)
Catatan:
Ø Panitia menerima registrasi peserta ketika
semua persyaratan diatas dan poin 3 dibawah terpenuhi
Ø Berkas dikumpulkan di tenda infokom
Ø Membayar kontribusi Peserta, Pembantu Pembina dan Pembina
Ø Setelah 4 poin diatas selesai, maka peserta akan diberikan :
Ø Kampling tenda sesuai nomor urut pendaftaran, dan
Ø Kelengkapan peserta.
BAB VII
SARANA
PRASARANA
Untuk mendukung pelaksanaan kegiatan
PORSPEK, maka panitia mengupayakan menyediakan sarana dan prasarana sebagai
berikut :
A.
Tempat
dan Ruangan
1.
Area
Perkemahan yang menampung kurang
lebih 56 Tenda
2.
Sekretariat
Racana IAIN Palopo dan Pusat Informasi kegiatan
3.
Area
Kampus yang menjadi pusat kegiatan lomba, seperti :
Ø Lapangan Upacara
Ø Aula Umum Kampus, Aula Gedung Rektorat dan Aula Gedung PKM
Ø Lapangan Olahraga, Takraw, Tennis Indor dan Volly
Ø MCK dan Kamar Mandi (yang tersedia dihampir semua gedung dalam
kampus yang diberikan tanda oleh reka kerja)
4.
Posko
Kesehatan
5.
Minimarket
yang tidak terlalu jauh dari lokasi perkemahan (bisa ditempuh dengan jalan kaki
B.
Fasilitas
Pelayanan
1.
Listrik
dan Penerangan (panitia hanya menyediakan aliran listrik sampai kedepan tenda,
jadi diharapkan setiap kontingen membawa terminal dengan kabel yang cukup
panjank)
2.
MCK
dan Air Bersih
3.
Keamanan
dan ketertiban
C.
Hadiah
PORSPEK adalah kegiatan Lomba dengan hadiah berupa:
1.
Piala Bergilir (yang diperebutkan)
2.
Piala Umum Putra (1, 2 dan 3) dan Piala Umum Putri (1,2 dan 3)
3.
Piala masing-masing Lomba (1, 2 dan 3)
BAB VIII
TATA TERTIB DAN SANKSI
A.
Tata Tertib Perkemahan
1.
Warga
perkemahan selain panitia adalah Peserta, Bina
Damping, dan pembantu pembina
yang telah terdaftar atau yang telah melakukan registrasi.
2.
Wajib Satuan Terpisah.
3.
Selain
warga perkemahan tidak diizinkan untuk bermalam/menginap atau tinggal di lokasi,
4.
Peserta
diharuskan mengambil kartu
izin bila meninggalkan lokasi perkemahan,
5.
Setiap Warga perkemahan diharuskan
selalu menggunakan ID
Card terkecuali pada saat istirahat/tidur,
6.
Setiap Tamu peserta, diharuskan mengambil kartu izin tamu
terlebih dahulu,
7.
Batas kunjungan tamu Pukul 22.00 Wita,
8.
Panitia pelaksana tidak menanggung barang pribadi peserta
dan tidak menerima titipan barang,
9.
Peserta diharapkan melapor ke Panitia pelaksana (tenda
infokom), bila menemukan barang dan semacamnya,
10.
Dilarang keras melakukan sesuatu yang melanggar
norma-norma yang berlaku, terutama tindakan amoral dan asusila,
11.
Setiap peserta diharapkan selalu menjaga kebersihan, keindahan,
kenyamanan dan kerukunan sesama warga perkemahan,
12.
Bina Damping bertanggung jawab terhadap binaannya dan
kekacauan yang terjadi atas nama sekolahnya (bila terjadi)
13.
Setiap Warga perkemahan mengikuti
shalat berjamaah di masjid Kampus,
14.
Setiap Warga perkemahan diharapkan
sopan dalam berpakaian.
15.
Bina Damping diharuskan menggunakan Uniforum/pakaian
kegiatan pada saat mendampingi anggotanya berlomba.
B. Tata Tertib Lomba
1. Setiap peserta diharuskan registrasi ulang
untuk setiap mata lomba,
2. Registrasi ulang untuk mata lomba setiap
harinya diadakan setiap hari dari pukul 07.15 di Tenda Infokom dengan
mendaftarkan seluruh lomba pada hari itu, dan bagi peserta yang melewati batas
pendaftaran registrasi ulang lomba, dianggap tidak bersedia mengikuti lomba.
3. Hadir 10 menit sebelum waktu lomba yang telah
ditentukan dalam jadwal,
4. Waktu komplain lomba yang dianggap bermasalah
10 menit setelah hasil lomba di umumkan, dan apabila melewati batas komplain
maka dianggap tidak ada masalah.
5. Komplain hanya berlaku untuk pembina yang
terdaftar
6. Setiap peserta perlombaan dan pendampingnya
harus menggunakan ID Card.
C. SANKSI
Bagi Peserta dan Bina Damping yang melakukan pelanggaran akan dikenakan
sanksi berupa
1. Teguran langsung baik tertulis maupun tidak
tertulis.
2. Warga perkemahan yang mendapatkan teguran
sebanyak 3 kali tidak berhak untuk mendapatkan sertifikat.
3. Apabila pelanggaran yang dilakukan dianggap di
luar batas, maka warga perkemahan akan di diskualifikasi.
BAB
IX
PERHITUNGAN
JUARA UMUM
Mekanisme penetapan juara umum (umum 1,2 dan 3) yaitu dengan penghitungan
perolehan emas (juara 1 lomba), apabila terdapat perolehan emas yang sama maka
dilanjutkan dengan penghitungan perolehan perunggu (juara 2 lomba), dan apabila
masih sama maka dilanjutkan pada penghitungan perolehan perak (juara 3 lomba).
Dan untuk piala bergilir hitungan gabungan perolehan putra dan putri.
BAB X
PENUTUP
Petunjuk pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga, Seni dan Perkemahan XIII atau
singkatnya PORSPEK XIII ini disusun sebagai pedoman dan acuan dalam menentukan
kebijakan-kebijakan selanjutnya. Kiranya menjadi tanggungjawab kita bersama
untuk menyukseskan kegiatan ini, olehnya itu bantuan dan dukungan dari semua
pihak terutama dari Bapak/Ibu Kepala Sekolah/Madrasah untuk mengutus anggotanya
mengikuti kegiatan tersebut.
Semoga Tuhan senantiasa memberkati
dan meridhoi amal usaha serta langkah-langkah Kita. AMIN.
Palopo, 11 Januari 2016
Reka Kerja PORSPEK XIII
Ketua
Lukman Askur
NTA.0900116003
PETUNJUK PELAKSANAAN LOMBA
PEKAN OLAHRAGA, SENI
DAN PERKEMAHAN
PORSPEK XIII 2016
PRAMUKA IAIN PALOPO
Berikut kami lampirkan petunjuk pelaksanaan lomba dalam kegiatan PORSPEK XIII sebagai bahan acuan untuk kakak-kakak dalam mengatur dan mempersiapkan adik-adik yang akan mengikuti kegiatan dengan catatan setiap lomba terpisah antara putra dan putri terkecuali untuk Takraw dan Masakan non beras.
A. TEHNIK KEPRAMUKAAN
1. LCTP ( Lomba Cerdas
Tangkas Pramuka )
Kategori :
Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta : 3 Orang
Pakaian : Uniforum Lengkap
Teknisi : Babak Penyisihan, pada babak ini
Soal sebanyak 50 pilihan ganda untuk semua peserta dgn waktu penyelesaian soal
30 menit dan dilaksanakan secara bersamaan. Babak final, Pada babak ini
terdiri dari 5 pangkalan yang memiliki
nilai tertinggi pada babak penyisihan dengan
pembagian babak lomba:
1.
soal
wajib jawab 5 soal (hasil dari cabut lot masing-masing gudep) untuk setiap pangkalan yang terdiri
dari 3 soal pramuka 1 umum 1 sandi/
semaphore dan tidak ada lemparan soal.
2.
soal
rebutan 6 soal
3. apabila nilai yang didapat oleh gudep itu ada
yang sama sementara semua babak telah kita selesaikan, maka kita laksanakan
babak tabrik yang terdiri dari 1 soal ( rebutan ) untuk
gudep yang memiliki nilai yang sama.
2.
Menara
Kaki 4
Kategori :
Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta :
4 Orang
Pakaian :
Uniforum Lengkap
Teknisi :Waktu pembuatan untuk Putri 45
menit dan Putra 35 Menit. Dilaksanakan
secara serempak. Bahan yang digunakan adalah dari Bambu dengan ukuran bambu
panjang/tiang minimal 3 meter, bambu pendek ukuran bebas sesuai kebutuhan dan
menggunakan tali badai sesuai kebutuhan masing-masing. Alat dan bahan disiapkan masing-masing
peserta.
3.
Sandi
Berantai
Kategori :
Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta :
5 Orang
Pakaian :
Uniforum Lengkap
Teknisi :
Urutan peserta diatur
masing-masing gudep, dengan waktu penyelesaian soal selama 30 menit. Perlombaan
dilaksanakan secara serempak dan sandi yang di perlombakan disampaikan sehari
sebelum lomba berlangsung. Pada lomba ini waktu bukan penilaian utama tetapi
digunakan bila ada sekolah yang memiliki nilai sama.
4.
Pembuatan
Simpul Dengan Mata Tertutup
Kategori :
Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta :
1 Orang
Pakaian :
Uniforum Lengkap
Teknisi : Setiap peserta dinyatakan gagal/gugur apabila 2 kali salah.
Perhatian, harap memahami serta menghapal bentuk simpul sebanyak-banyaknya
serta cara membuat simpul tersebut. Perlombaan dilaksanakan secara serempak.
5.
Perlombaan
Baris Berbaris
Kategori :
Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta :
5 Orang
Pakaian :
Uniforum Lengkap
Teknisi : Menggunakan Semboyan Sumpritan.
Perlombaan dilaksanakan secara
bergantian, sesuai dengan urutan undian serta perintahnya dapat dilihat
dari soal yang dicabut sesaat sebelum pertandingan.
6.
Hiking
Kategori :
Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta :
8 Orang (Tanpa Pengikut)
Pakaian :
Uniforum Lengkap
Teknisi :
Peserta akan dilepas satu persatu untuk melewati jalur yang telah diberi tanda
(Tali Rapiah, Cet Arah Panah dan Tanda Larangan Lewat). Tidak diperkenakan
membawa HP dan kamera diperbolehkan.
Pada saat pelaporan akhir peserta harus utuh. Dalam perjalanan terdapat beberapa
pos dimana masing-masing pos memiliki kategori lomba yang berbeda-beda. Dimana
kategori lomba-lombanya sebagai berikut:
1.
Tali Temali
a.
Jumlah simpul/ikatan yang diperlombakan sebanyak 5 simpul
b.
Dikerjakan oleh 8 peserta
c.
Segala kelengkapan lomba disediakan masing-masing peserta
d.
Batas waktu 5 menit
e.
Penilaian hak koordinator pos
2.
Semaphore
a.
1 orang mengirim, yang lain membaca atau menerjemahkan
pada lembar jawaban.
b.
Peserta pengirim terlebih dahulu memilih soal dar
beberapa soal yang telah disediakan penjaga pos.
c.
Segala kelengkapan lomba sediakan masing-masing peserta.
d.
Batas waktu 5 menit.
e.
Penilaian hak koordinator pos.
3.
Menjawab Soal
a.
Materi soal Sejarah Singkat Gerakan Pramuka
b.
Soal dikerjakan bersama-sama
c.
Jumlah soal sebanyak 10 butir dalambentuk Essay
d.
Batas Waktu 5 Menit
e.
Penilaian hak koordinator Pos
4.
Tandu
a.
Tandu yang diperlombakan adalah tandu standar
(menggunakan 4 ikatan Pangkal).
b.
Tandu dikerjakan oleh 1 orang dengan bantuan 2 orang
sebagai pemegang tongkat.
c.
Segala kelengkapan lomba disiapkan masing-masing peserta
d.
Batas waktu 5 menit
e.
Penilaian hak koordinator pos
5.
Menaksir Ketinggian
a.
Benda yang di ukur ditentukan oleh Penjaga Pos
b.
Batas waktu 5
menit
c.
Penilaian hak koordinator pos
B. BIDANG SENI
1. Masakan Non Beras
Kategori :
Gugus Depan (Putri)
Peserta :
3 Orang
Pakaian :
Uniforum Lengkap
Teknisi :
Durasi waktu perlombaan 1 jam.
Masakan di buat dengan bahan utama yang telah di tentukan oleh panitia, untuk
perlengkapan/alat ditentukan peserta sesuai kebutuhan masing-masing dan
Perlombaan dilaksanakan secara serempak. Diantara bahan utamanya (boleh pilih
satu saja) yaitu :
a. Jagung
b. Ubi kayu
c. Ubi jalar
d. Pisang
Catatan:
Ø Tidak
boleh membuat kapurung dan barobbo, untuk Ubi Kayu dan Ubi Jalar diperbolehkan
direbus terlebih dahulu sebelum lomba dimulai.
2. Nyanyi Solo
Kategori :
Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta :
1 Orang
Pakaian :
Uniforum Lengkap
Teknisi :
Peserta tampil membawakan sebuah lagu
yang diiringi dengan keyboard yang disiapkan oleh panitia. Peserta memilih lagu
yang disiapkan. Peserta mengambil nomor urut dan mengambil nada setelah
regitrasi. Daftar lagunya sebagai berikut
Putra :
1. Meraih Mimpi (Jrocks)
2. Masih Ada (Ello)
3. Simponi yang Indah
4. Panah Asmara (Afgan)
5. Hebat (Tangga)
6. Topeng (Peterpan)
7. Kepompong (Sindentosca)
8. Sahabat Sejati (Sheila On 7)
9. Para Pencari Tuhan (Ungu)
Putri :
1. Aku Pasti Bisa (Citra Slowaskia)
2. Kebahagiaan (Melly)
3. Sahabat (Audy)
4. Beraksi (Kotak)
5. Terbang (Kotak)
6. Takkan Berpaling DariMu (Rossa)
7. Cindai
8. Laila Canggu
9. Kun Anta
10. Muara Kasih Bunda
3.
Tilawatil Qur’an
Kategori :
Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta :
2 Orang
Pakaian :
Uniforum Lengkap
Teknisi :
Peserta terdiri atas seorang tilawah dan seorang sari tilawah. Kemudian mencabut nomor urut dan ayat
ditentukan. Perlombaan
dilaksanakan secara bergantian sesuai
dengan urutan undian.
4. Karya Tulis Ilmiah
Kategori :
Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta :
1 Orang
Pakaian :
Uniforum Lengkap
Teknisi :
Membuat sebuah karya tulis ilmiah
dengan tema Sosial/Sains/Sastra mengarah Kepada Kepramukaan. KTI terdiri dari Pendahuluan, Pembahasan, dan Penutup/Kesimpulan serta
dilengkapi dengan daftar isi. Setiap peserta memperbanyak KTInya sebanyak 3
rangkap (Print Out) untuk masing-masing dewan juri serta dalam bentuk file, 50% Copy paste masih
akan diberikan dispensasi. Dikumpulkan
pada saat registrasi ditenda infokom. Dari KTI yang terkumpul akan diserahkan
kepada dewan juri dan diseleksi menjadi 6 besar dan diumumkan pada hari ke-2
kegiatan. Peserta yang
masuk 6 besar akan mempresentasekan KTInya dengan durasi waktu maksimal 7 menit
ditambah pertanyaan dari dewan juri diakhir presentase. Presentase menggunakan
power point. (peserta yang butuh komputer/laptop bisa menghubungi panitia untuk
disediakan)
5. Pidato Bahasa Inggris
Kategori :
Gugus Depan
Peserta :
1 Orang
Pakaian :
Uniforum Lengkap
Teknisi :
waktu maksimal 7 menit dan mininal 5 menit peserta memilih salah satu yang
telah ditentukan oleh panitia Mencabut nomor urut tampil dan sesi tanya jawab
diakhir penampilan. Topik pidatonya sebagai berikut:
1. Educational
2. Scouting of Patriotisim
3. Culture
4. Political
5. Human Traficking
6. Internet
C. BIDANG OLAHRAGA
1. Sepak Takrow
Kategori :
Gugus Depan (Putra)
Peserta :
3 Orang dan 2 Cadangan
Pakaian :
Olahraga
Teknisi :
Menggunakan aturan pertandingan
profesional dengan menggunakan Sistem Gugur. Perlombaan dilaksanakan
secara bergantian, sesuai dengan jadwal
pertandingan yang ada dan kondisi yang ada dilapangan.
2. Tenis Meja
Kategori :
Gugus Depan (Putra & Putri)
Peserta :
1 Orang
Pakaian :
Olahraga
Teknisi :Cabang yang diperlombakan adalah cabang tunggal dengan menggunakan
aturan pertandingan profesional (11 point dan 2 kali service).
Pertandingan dilaksanakan dalam 2 set dengan sistem gugur. Apabila terjadi
longset maka dilanjutkan pada set ke-3 dengan aturan yang sama
Demikian JUKNIS lomba ini kami susun dan sampaikan, semoga bisa bermanfaat.
Catatan:
v
Apabila JUKNIS lomba kurang jelas silahkan dipertanyakan
di Technical Meeting Pada :
Hari/Tanggal : Ahad, 31 Januari
2016
Pukul : 13.00 Wita
Tempat
: Aula Serba Guna - Kampus Hijau IAIN Palopo Jl. Agatis, Kel. Balandai
v
Bagi sekolah/pangkalan yang tidak mengikuti technical
meeting dianggap menyetujui hasil technical meeting yang diputuskan
Palopo, 11 Januari 2016
Reka Kerja PORSPEK XIII
Ketua
Lukman Askur
NTA.0900116003
0 komentar:
Posting Komentar