Senin, 27 Oktober 2014

Sukses LKKPM Angkatan XVIII Tahun 2014

Gugus Depan 09.001-002 - Racana Sawerigading-Simpurusiang sukses melaksanakan Latihan Kepemimpinan dan Keterampilan Pramuka Mahasiswa (LKKPM) Angkatan XVIII tahun 2014. kegiatan yang dilaksanakan dengan Tema "Membangun Kader Pemimpin Bangsa yang Berintegritas, Religius, dan Patriotik melalu Gerakan Pramuka" ini dibuka oleh Wakil Ketua III STAIN Palopo Dr. Kaharuddin, M.Pd.I pada pembukaan yang dilaksanakan pada hari Senin 20 Oktober pada pukul 15.40 di depan aula STAIN Palopo yang diikuti oleh 18 Putra dan 75 Putri yang telah dinyatakan lulus dengan bukti surat keputusan dewan racana. dari peserta yang dinyatakan lulus ini kemudian dibagi menjadi 9 Reka dengan rincian 2 reka putra dan 7 reka putri.
Setelah pembukaan selesai, peserta diarahkan masuk kedalam aula untuk dibacakan Tata Tertib LKKPM oleh Reka kerja dan Pengurus inti Dewan Racana. pada pembacaan TATIB ini, ada 1 hal yang dipertanyakan peserta yaitu Poin yang mengharuskan peserta menggunakan Uniforum pada saat melakukan aktifitas perkuliahan, namun setelah memberikan penjelasan akhirnya peserta menerima dan menyetujui semua tata tertib yang telah diberikan, diantaranya :

seperti yang dijelaskan pada postingan sebelumnya, LKKPM dibagi dalam 2 tahap, yaitu Indoor dan Outdor. tahap pertama yaitu tahap indoor adalah tahap dimana pserta diarahkan untuk berkemah disekitaran kampus selam 3 hari denga inti kegiatan adalah pemberian materi kepada peserta, materi-materinya antara lain :
  1. Metode Persidangan dan Tekhnik menjadi Moderator oleh Ka' Suparman, S.Pd., M.Pd.I
  2. Analisis SWOT oleh Ka' Makmur Sentosa, S.Pd., M.Pd.I
  3. Struktur Organisasi Gerakan Pramuka oleh Ka' Rais Tarsan, S.Pd
  4. AD/ART Gerakan Pramuka oleh Ka' Kusnadi Majid, S.Pd
  5. Kepemimpinan oleh Dr. Kaharuddin, M.Pd.I
  6. Administrasi Gugus Depan oleh Ka' Drs. Nicolas Sesa
  7. Prinsip Dasar Gerakan Pramuka dan Bentuk Kecakapan dalam Pramuka oleh Ka' Rais Tarsan, S.Pd
  8. Metode Pendidikan Gerakan Pramuka dan Perkembangan Psikologi Anggota Pramuka oleh Ka' Dra. Fatmarida Sabani, M.Pd.I
  9. eksistensi Gerakan Pramuka di Perguruan Tinggi oleh Ka' Makmur Sentosa, S.Pd., M.Pd.I
  10. Dinamika Kelompok oleh Ka' Rida Hasyim, S.Ag
Diskusi antar peserta
tahap kedua yaitu tahap outdoor dimana peserta berkemah dialam terbuka selama 3 hari. pada tahap ini inti kegiatan adalah evluasi dan pelatihan Mental dan Karakter dari peserta didik. pada tahap ini peserta lebih diarahkan untuk membentuk kedisiplinan, kerjasama, kekompakan dan juga tidak lepas berani berbicara dan tampil didepan umum. dalam melatih mental peserta reka kerja membuat suatu topik diskusi tentang mana yang paling penting untuk bangsa indonesia sekarang, pertahanan, perikanan dan kelautan, hukum dan sebagainya. pada diskusi ini peserta dibagi dalam beberapa kelompok secara acak yang kemudian masing diberikan materi kelompok yang harus dipertahankan dan mencoba menjatuhkan materi kelompok lain dengan memberikan argumen-argumen. diskusi ini dipimpin oleh Ka' Azis markis.

LKKPM angkatan XVIII tahun 2014 ini ditutup oleh Dr. Kaharuddin, M.Pd.I yang langsung datang menutup kegiatan dilokasi Outdoor Desa Padang Kalua Lamasi.



Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Di Posting Oleh : Jumadir | FB : PRAMUKA IAIN PALOPO | CP : 085 146 247 290

Artikel Sukses LKKPM Angkatan XVIII Tahun 2014 ini diposting oleh Jumadir pada hari Senin, 27 Oktober 2014. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Sukses LKKPM Angkatan XVIII Tahun 2014 ini bermanfaat.

Terima Kasih!

0 komentar:

Posting Komentar